Tuesday, August 18, 2015

CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA

Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi mana laki-laki mana perempuan, salah satu cara yang paling populer adalah dengan memberikan warna yang berbeda dalam penulisan presensi (absensi) siswa. Perhatikan gambar di bawah!
CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA
Pada gambar di atas, siswa yang berjenis kelamin perempuan, menggunakan warna merah. Sedangkan siswa berjenis kelamin laki-laki, menggunakan warna hitam. Cara konvensional yang biasa dilakukan untuk mewarnai cell tertentu adalah dengan memblok cell yang ingin di beri sentuhan warna lain, kemudian kita pilih warna tulisan sesuai kehendak. Jika urutan presensi berdasar pada jenis kelamin, mungkin masih nyaman menggunakan cara konvensional seperti. Tetapi, jika urutannya acak (zig-zag antara laki-laki dan perempuan)? Jumlah siswa ratusan, bahkan ribuan, Bisa-bisa mouse mendadak kena serangan jantung, jari kriting, mata buyar, kepala pening. Nah, untuk meringankan pekerjaan. Alangkah baiknya mencoba cara lain yang akan dibahas pada postingan ini. Berikut adalah caranya!

CARA CEPAT MENGKLASIFIKASI SISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Sebelum membahas langkah-langkah yang dilakukan, siapkan terlebih dahulu data siswa yang akan diklasifikasi berdasarkan jenis kelamin. Untuk latihan, silahkan download bahan latihan disini! Dalam bahasa excel, cara yang akan digunakan adalah dengan memanfaatkan fitur Conditional Formating. Conditional Formating ada di Tab Home, diposisi tengah. Cara kerjanya yaitu dengan mengatur format tertentu yang didasarkan pada kondisi tertentu, baik itu berdasarkan nilai, konten, bahkan logika tertentu. Lebih jelasnya, mari kita praktek langsung dengan tahapan-tahapan berikut ini!
1. Buka bahan latihan yang telah di download!
2. Pada Tab Home, Klik menu Conditional Formating, kemudian pilih opsi New Rule.
Fonditional Formating - CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA

Fonditional Formating - CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA
3. Pilih opsi "Use a Formula to.....", kemudian masukkan formula/logika yang ingin diaplikasikan. Untuk mengidentifikasi siswa berdasarkan jenis kelamin, yang menjadi indikatornya adalah L atau P. Pada kasus ini, yang akan diberi warna khusus adalah siswa yang berjenis kelamin P. Jadi logika yang digunakan adalah "jika jenis kelamin P, maka format tulisan diberi warna merah". Jika diterjemahkan dalam bahasa formula, maka =$C2="P". Dengan logika ini, maka semua siswa berjenis kelamin P akan menyesuaikan sesuai dengan format yang kita atur.
Conditional Formating - CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA

4. Mengatur Format. Caranya yaitu dengan mengklik opsi Format, pada menu New Formating Rule. Tahap ini menentukan format seperti apa yang akan kita gunakan. Pada kasus ini, kita akan mengidentifikasi siswa berdasarkan jenis kelamin, dengan cara membedakan warna tulisan siswa dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Warna yang digunakan adalah hitam untuk siswa laki-laki, dan merah untuk siswa perempuan. Kita juga bisa bermain format pada nomor, border, fill, tinggal disesuaikan dengan konsep yang diinginkan.
Conditional Formating - CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA
Conditional Formating - CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA

5. Menerapkan Conditional Formating pada tabel data. Masuk kembali pada menu Conditional Formating, kemudian pilih opsi Manage Rules... Isi kolom Applies To dengan Range (tabel data) yang akan di beri sentuhan conditional formating. Pada kasus ini, range yang akan diberi sentuhan adalah A2:H21. Cara yang paling gampang adalah klik kolom di bawah tulisan applies to, kemudian drag (tarik/betot) tabel yang akan di format. Hasilnya seperti di gambar. Setelah dipastikan terisi, langkah selanjutnya adalah klik Apply. Pada langkah ini, conditional formating sudah berhasil diterapkan. Jika langkah demi langkah sesuai, maka hasilnya sudah bisa terlihat. Jika tidak ada perbedaan, maka kemungkinan ada langkah yang keliru. Cek kembali langkah demi langkah yang telah dilakukan. Untuk mengakhiri proses conditional formating, klik OK.
Conditional Formating - CARA CEPAT KLASIFIKASI JENIS KELAMIN SISWA

Membaca postingan ini, jauh lebih lama dari pada mempraktekan langkah-langkah yang ada pada postingan ini. Jadi, alangkah baiknya jika memahami tulisan ini dengan cara mempraktekkannya. Semoga bisa bekerja lebih cepat, semoga senantiasa diberi keberkahan ilmu, kelapangan rezeki yang bermanfaat untuk membangun agama, negeri, serta keluarga. #kerjaCerdas

No comments:

Post a Comment