Thursday, August 20, 2015

DOWNLOAD TABEL DATA USIA SISWA OTOMATIS

Data usia anak yang diklasifikasikan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkatan (kelas), merupakan salah satu bagian dari laporan rutin bulanan sekolah. Pelaporan disajikan dalam satu tabel, yang memuat semua klasifikasi di atas. Untuk mengetahui usia siswa, paling tidak kita harus menghitung selisih antara tanggal lahir dengan tanggal pelaporan rutin yang sedang berjalan. Menghitung 1 siswa masih sangat nyaman. Jika ada 10 siswa saja, kepala mulai pusing karena tidak cukup hanya dengan mengetahui usia saja. Jika 10 anak tersebut tersebar dalam beberapa tingkatan kelas, dengan jenis kelamin yang berbeda, agama yang berbeda, maka tugas berikutnya yang harus dilakukan adalah mengklasifikasikannya. Berapa anak kelas 1 yang berjenis kelamin laki-laki yang berusia sekian, perempuan berapa. Hal yang sama dilakukan juga klasifikasi pada tingkat lainnya. Itu baru 10 siswa, normalnya sebuah sekolah dengan 6 rombel berkisar antara 200-300 siswa. Apa tidak pusing jika klasifikasi usia yang tersebar pada berbagai tingkatan kelas, jenis kelamin, agama, dilakukan secara manual? Jika kalkulator yang kita gunakan mempunyai tangan, mungkin dia sudah melambaikan tangan sambil memandang ke arah kamera.
Untuk memudahkan pekerjaan tersebut, pada kesempatan ini, EXCEL-ADM akan berbagi sebuah aplikasi berbasis excel yang bisa mengolah data siswa, kemudian mengklasifikasikannya sesuai dengan format laporan yang dibutuhkan. Berikut adalah penjelasanny!

APLIKASI DATA USIA SISWA OTOMATIS

TABEL DATA USIA SISWA OTOMATIS
Gambar di atas merupakan tampilan form pelaporan yang proses klasifikasinya diolah sepenuhnya oleh sistem perhitungan dalam MS Excel. Mari kita rinci satu per satu.
1. Aplikasi ini terdiri dari 2 sheet yaitu sheet data peserta didik (DATAPD), dengan sheet USIA. Sheet DATAPD merupakan sheet kerja. Maksudnya, untuk memperoleh hasil klasifikasi usia sekian yang ada di kelas sekian untuk jenis kelamin tertentu, tentu harus ada data yang dimasukkan. Jadi tugas kita tinggal memasukkan data siswa sesuai dengan kolom yang dibutuhkan pada sheet DATAPD. Proses input data juga bisa dilakukan dengan cara copy-paste. Hanya saja, copy-paste disarankan perkolom. Misal, konom nama saja, kemudian kolom jenis kelamin, dan seterusnya. Sedangkan sheet USIA adalah tampilan hasil pengklasifikasian sesuai dengan kebutuhan pelaporan.
APLIKASI DATA USIA SISWA OTOMATIS GRATIS
2. Sheet DATAPD. Sheet ini merupakan sheet yang menampung data-data yang dibutuhkan oleh form pelaporan (Sheet USIA). Terdiri dari 10 kolom yang terdiri dari nomor, nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, usia, agama, kelas serta rombel. Untuk kolom nomor, tidak perlu di isi karena akan terisi otomatis sesuai dengan data nama yang dimasukkan. Kolom usia juga tidak perlu diisi karena terisi sendiri oleh formula yang sudah dimasukkan. Pembulatan dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan menggunakan kaidah matematika dasar (bahasa sistem "meureun"). Jika tidak percaya, silahkan hitung sendiri (kebayang ngitung usia ratusan siswa pake kalkulator atau di "kotret manual" haha). Yang paling penting dari pengisian leger data siswa ini adalah kolom nama, nisn, tanggal lahir, agama, dan kelas. Untuk tempat lahir & rombel, bersifat opsional. 
3. Sheet USIA - Tabel USIA. Pada sheet ini, kita cukup melihat hasil pengolahan formula-formula yang sudah dimasukkan untuk mengklasifikasi data siswa yang telah dimasukkan sebelumnya pada sheet DATAPD. Aplikasi ini disetting untuk bisa mengolah dan menampilkan usia siswa selama 1 tahun, dengan kapasitas pengolahan sebanyak 500 siswa, dari bulan januari hingga desember tahun 2015. untuk melihat kombinasi usia siswa pada bulan lainnya, tinggal klik tombol atas bawah. Setiap bulan, komposisi usia akan berubah sesuai dengan bulan kelahiran masing-masing siswa.
CARA MUDAH MENGKALSIFIKASI USIA SISWA
4. Sheet USIA - Berdasarkan Agama. Penjelasannya sama dengan penjelasan sebelumnya (poin 3). Yang berbeda hanya klasifikasinya saja yang didasarkan pada agama yang dianut siswa. Klasifikasi ini juga diambil dari data yang telah dimasukkan pada Sheet DATAPD.
KLASIFIKASI SISWA BERDASARKAN AGAMA
5. Sheet USIA - Titimangsa. Tanggal pelaporan di set akhir bulan bersangkutan, tanpa memperhatikan libur atau tidaknya. Ini merupakan PR untuk pengembangan selanjutnya. Tanggal, bulan dan tahun akan otomatis menyesuaikan ketika mengklik tombol atas/bawah. Yang perlu diganti hanyalan nama sekolah, kepala sekolah, serta NIP kepala sekolah saja.
DATA USIA OTOMATIS
6. Proses pengeprinan. Untuk proses print, hanya wilayah tertentu saja yang terprint. Jika tombol-tombol masuk dalam wilayah print (lihat print preview), sebelum ngeprint, set dulu wilayah yang akan di print out.

Semoga aplikasi ini bisa membantu mempercepat pekerjaan kita, khususnya para operator sekolah atau civitas akademika lainnya. Yang paling penting, aplikasi ini mampu menjaga akurasi perhitungan usia, dinamika komposisi usia yang otomatis menyesuaikan setiap bulan, karna semuanya sudah tersistem. Semoga kita senantiasa diberikan keberkahan ilmu, kelimpahan harta yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan agama, negara serta keluarga. #salam_kerja_cerdas

Download Aplikasi Disini
(update terakhir tanggal 2 Januari 2016, perubahan fix round, siap pakai untuk tahun 2016)
(update terakhir pada tanggal  25 Agustus 2015 dengan perubahan teknis pembulatan ke atas. Siswa dengan usia 5 tahun 6 bulan, maka masuk kategori usia 6 tahun)


Catatan:
* Aplikasi ini dibuat pada laptop dengan Operation System Windows 8.1, MS Excel versi 2013 64 bit, dengan sistem penanggalan Indonesia. Jika tidak bekerja sesuai dengan harapan, mungkin versi MS Excel yang digunakan berbeda. Sistem penanggalan yang berbeda juga berpotensi menjadi penghambat bekerjanya formula-formula dalam aplikasi ini.
* Jika aplikasi ini tidak bekerja dengan baik, tinggalkan jejak di komentar agar bisa ditindak lanjuti. Bagi yang memiliki kontak, selain meninggalkan komentar, boleh langsung mengabari melalui kontak saya.

No comments:

Post a Comment