Thursday, August 20, 2015

CARA CEPAT MERUBAH RIBUAN FORMAT TANGGAL

Format tanggal, sepintas seperti hal sepele. Akan tetapi, dalam beberapa kasus ditemui bahwa perbedaan format tanggal terkadang menjadi kendala dalam sebuah formula. Apakah tanggal-bulan-tahun, bulan-tanggal-tahun, tahun-tanggal-bulan, 2 digit atau lengkap, dan lain sebagainya. Terkadang, formula tertentu mengharuskan format tanggal tertentu. Misal, dalam sebuah aplikasi mengharuskan menggunakan format penanggalan dd/mm/yyyy (07/02/2015).
Ada sebuah pribahasa yang sudah kita ketahui bersama bahwa "sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit". Pribahasa tersebut sangat cocok untuk kasus format tanggal ini. Sebetulnya merubah format tanggal merupakan hal mudah. Tinggal klik, ganti sesuai dengan format yang diinginkan. Bahkan, pada MS Excel ada opsi untuk merubah format tanggal. Akan tetapi, fitur tersebut sangat terbatas dan terikat format tanggal sistem yang digunakan. Jadi, kita tidak bisa  begitu saja merubah format tanggal dengan menggunakan fitur yang ada karena belum tentu sesuai dengan yang diinginkan. Jadi, alangkah baiknya kita memiliki banyak alternatif cara untuk merubah format tanggal tersebut.

CARA CEPAT MERUBAH FORMAT TANGGAL

Misal komputer yang kita pakai menggunakan input keyboard bahasa Indonesia, dengan format penanggalan bahasa Indonesia. Ketika menulis tanggal dengan format 12/05/15, maka secara otomatis sistem MS Excel akan merubah format tanggal tersebut menjadi 12/05/2015. Jika format DD/MM/YYYY bukan format yang kita inginkan, tentu ini bisa menjadi sumber kejengkelan. Terlebih jika kita dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Berapa kali mencoba menggantinya pun, hasilnya sama karena sistem yang memang merubahnya tanpa mengetahui isi hati kita (hehe,,). Ada cara pintas untuk merubah sesuai kehendak, yaitu dengan menambahkan tanda petik (') sebelum tanggal ('DD/MM/YY). Akan tetapi, sistem akan membacanya sebagai text bukan tanggal. Jadi, jika sel tersebut nantinya digunakan untuk formula tertentu yang menginginkan input tanggal, maka formula tersebut tidak akan memprosesnya karena nilai yang ada dalam sel tersebut bukan tanggal. Yang harus dilakukan adalah sebagai berikut!
1. Siapkan data yang format tanggalnya akan di treatment.
2. Siapkan 1 kolom khusus yang digunakan untuk format tanggal yang kita inginkan. Misal, kolom A merupakan tanggal yang formatnya di atur oleh sistem. Kita tinggal mencari kolom lain, misal di kolom C.
3. Formula yang digunakan. Untuk mentreatment format tanggal, kita bisa menggunakan formula TEXT. Sintaks nya adalah;
=TEXT(Value; Format Text)
CARA CEPAT MERUBAH RIBUAN FORMAT TANGGAL
4. Eksekusi Treatment. Untuk merubah format, kita tinggal masukkan data sesuai sintaks di atas. Yaitu dengan mengetik di kolom C dengan =TEXT(A2;"DD/MM/YY"). Untuk treatmen tanggal berjumlah ratusan bahkan ribuan, setelah berhasil cukup menarik ke bawah sesuai dengan jumlah data yang akan di treatment.
CARA CEPAT MERUBAH RIBUAN FORMAT TANGGAL
Kita juga bisa mengganti dengan format lain, misal kita ingin mengganti dengan format "Jum'at, 21 Agustus 2015". Maka format "DD/MM/YY" diganti dengan "DDDD, DD MMMM YYYY". Begitu pun dengan format penanggalan lainnya, tinggal menyesuaikan format yang diinginkan.
CARA CEPAT MERUBAH RIBUAN FORMAT TANGGAL
Selamat mencoba, praktek langsung tutorial ini jauh lebih cepat dari pada saat membaca tutorial ini. Praktek langsung juga jauh lebih simpel dari bahasa yang digunakan dalam menjelaskan tutorial pada postingan ini. Semoga bisa membantu mempercepat pekerjaan. Semoga kita senantiasa diberi keberkahan ilmu, kelapangan rezeki, kekuatan untuk memanfaatkan seluruh potensi yang diamanahkan pada kita pada hal-hal positif yang bermanfaat untuk agama, negara, serta keluarga. #salam kerja cerdas

No comments:

Post a Comment