Sunday, August 23, 2015

TABEL PERHITUNGAN MASA KERJA OTOMATIS

Seperti halnya Tabel Daftar Usia anak yang sebelumnya sudah dibagikan, Tabel Perhitungan Masa Kerja juga merupakan hal yang wajib dilaporkan setiap bulan. Biasanya, hal yang dilakukan oleh admin / operator sekolah adalah menyesuaikan masa kerja keseluruhan masing-masing PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang ada dilingkungan sekolah. Cara merubahnya pun gampang karena hanya ada 2 variabel, yaitu tahun dan bulan. Setiap bulan, variabel bulan di +1. Pada hitungan ke 13, bulan menjadi 1 dan variabel tahun bertambah 1. Bagaimana cara kita mengetahui bahwa perhitungan tersebut telah benar? Bagaimana kita memastikan, bahwa laporan yang terkait dengan Tabel Data Masa Kerja PTK yang dika edit, tidak pernah mengalami kesalahan? Padahal, masa kerja merupakan hal yang amat penting bagi keberlangsungan seorang PTK. Baik itu terkait dengan kesejahteraan, peluang kenaikan pangkat, serta keperluan lainnya yang tidak kalah penting.
Untuk menjaga validitas data yang kita setorkan tiap bulannya, alangkah baiknya pengecekan dengan cara menghitung kembali masa kerja keseluruhan masing-masing PTK, senantiasa dilakukan. Artinya, perhitungan masa kerja masing-masing PTK merupakan standar operasional prosedur (SOP) sebelum laporan tersebut ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan disetorkan ke Kantor. Bayangkan jika disekolah ada lebih dari 10 PTK yang harus kita cek masa kerja keseluruhannya. Padahal, disaat yang sama seorang OPS harus menyiapkan daftar hadir, Daftar 1, Data Usia Siswa, dan lain-lain.
Untuk mempermudah kerja OPS dalam menyiapkan laporan ini, pada kesempatan ini EXCEL-ADM akan berbagi sebuah aplikasi yang secara otomatis mengkalkulasi masa kerja keseluruhan PTK. Tidak hanya 1 PTK, tetapi seluruh PTK secara sistemik akan dikalkulasikan. Melalui aplikasi ini, selain mempermudah kerja OPS, juga menjaga validitas masa kerja masing-masing PTK, karena dihitung oleh sistem. Bagaimana bentuknya? Mari kita urai pada penjelasan di bawah!

TABEL DATA MASA KERJA PTK OTOMATIS

1. Tampilan. Format yang dipakai pada aplikasi ini adalah format yang digunakan oleh seluruh sekolah dasar di kecamatan Tarogong Kaler Garut. Sangat mungkin ada perbedaan dengan standar yang digunakan didaerah lain. Silahkan dipelajari terlebih dahulu, semoga substansi format yang dibagikan ini sama dengan standar yang digunakan pada masing-masing daerah.
TABEL PERHITUNGAN MASA KERJA OTOMATIS
2. Teknik Pengerjaan. Tabel perhitungan masa kerja ini menggunakan sistem data base sederhana. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengisi kolom dibawah navigasi (lihat gambar di bawah!). Pada kolom tersebut juga telah disertakan saran format penulisan agar laporan ini nyaman di lihat.
3. Mengisi konten. Pengisian konten untuk tabel perhitungan masa kerja ini sama seperti halnya ketika mengisi tabel masa kerja pada umumnya. Jika telah memiliki data, tingga copy-paste pada tabel. Untuk kelancaran, formula/rumus perhitungan sengaja di lock (tidak bisa di edit). Tapi masih bisa dirubah dengan cara unprotect (tanpa password), unlock, kemudian edit.
4. Titi mangsa.  Pengesahan pada tabel ini sudah di otomatiskan dengan mengambil data dari tabel di bawah navigasi (lihat penjelasan poin 2). Jadi pengesahan tidak perlu di ganggu gugat, cukup duduk manis menunggu proses pengeprinan.
TABEL PERHITUNGAN MASA KERJA OTOMATIS
Merubah masa kerja merupakan hal yang mudah. Akan tetapi jika yang dirubah berjumlah belasan, puluhan, bahkan ratusan orang, alangkah baiknya disistemkan. Tidak hanya sedikit meringankan kerja kita, yang jauh lebih penting adalah menjaga akurasi perhitungan masa kerja. Dan ini ada dalam aplikasi sederhana ini. Semoga aplikasi ini berguna, semoga kita semua senantiasa diberikan keberkahan ilmu, kecerdasan spiritual untuk mensyukuri segala kenikmatan yang telah kita terima. Semoga kita juga senantiasa diberi kelapangan rezeki. #salam kerja cerdas

Silahkan download aplikasi disini
update link terakhir 26 Agustus 2015, perubahan locked kolom. Aplikasi ini diproteksi, tapi tidak menggunakan password. silahkan kalo mau dikembangkan. 

Catatan:
* Kapasitas maksimum pengolahan sebanyak 30 PTK. Biasanya di Sekolah Dasar hanya berkisar antara 10-20 PTK saja.
* Untuk efisiensi, alangkah baiknya kolom yang tidak terisi (karna semua PTK telah dimasukkan), dihapus saja dengan cara delete row.
* Untuk proses print, cukup blok area yang akan di print, kemudian print menggunakan opsi "Print Selection"

No comments:

Post a Comment